Ada banyak faktor yang mempengaruhi
kesuksesan sebuah usaha. Salah satunya adalah promosi. Promosi adalah
langkah untuk mengenalkan produk atau layanan Anda kepada orang banyak.
Tujuannya, agar Anda mendapatkan pelanggan dan produk Anda terjual.
Promosi dapat dilakukan dengan banyak
cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan iklan promosi. Banyak
pebisnis yang memanfaatkan iklan di banyak media, sebagai senjata
andalan mereka untuk mempromosikan produk mereka. Padahal, iklan
membutuhkan banyak biaya dan proses yang sangat rumit.
Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat
Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda tanpa menggunakan iklan.
Mungkin banyak pebisnis saat ini yang memandang cara ini sangat tidak
masuk akal. Tetapi, bila Anda mampu melakukannya, Anda akan mendapatkan
efek promosi yang baik layaknya promosi dengan iklan. Di lain sisi, Anda
tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk kebutuhan promosi bisnis
Anda.
Cara pertama adalah menawarkan kembali
produk Anda kepada konsumen lama. Metode ini sering disebut sebagai
metode reselling. Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari metode
ini. Contohnya, Anda tidak perlu membangun kepercayaan dengan konsumen,
karena mereka sudah tahu betul tentang Anda.
Mencari konsumen baru juga akan memakan
waktu. Hal ini dikarenakan, dibutuhkan waktu yang lama untuk meyakinkan
mereka akan produk Anda. Lain halnya dengan konsumen lama. Mereka sudah
tahu dan percaya dengan produk Anda. Bila dibandingkan dengan mencari
konsumen baru, biaya yang diperlukan juga cukup rendah. Hal ini
dikarenakan Anda promosi tanpa iklan promosi. Oleh karena itu, cara ini
sangat tepat, untuk efisiensi biaya guna mengembangkan bisnis Anda.
Untuk melakukan cara reselling ini, Anda
membutuhkan data konsumen. Data konsumen akan membantu Anda menemukan
para konsumen lama ini, sehingga mudah untuk dihubungi.
Bila produk Anda tidak cocok untuk
metode reselling, Anda dapat menggunakan cara yang kedua. Anda
bekerjasama dengan bisnis lain yang membidik target pasar yang sama,
tetapi tidak bersaing dengan Anda. Ada dua macam kerjasama yang dapat
Anda lakukan disini, yaitu kerjasama karena kesamaan geografis dan
demografis.
Untuk kesamaan geografis atau lokasi,
Anda dapat bekerjasama dengan bisnis lain yang ada di sekitar Anda.
Contohnya, bila Anda membuka warung makan dan disebelah warung Anda
terdapat bengkel, Anda dapat bekerjasama dengan mereka. Anda dapat
menawarkan bonus diskon untuk layanan bengkel sebelah, setiap membeli
produk Anda dengan harga tertentu. Contoh kerjasama dengan kesamaan
demografis adalah bila Anda adalah penjual rumah mewah. Anda dapat
bekerjasama dengan pebisnis mobil mewah. Karena target pasar Anda dan
pebinsis tersebut sama, Anda dapat saling bertukar data konsumen.
Kerjasama ini akan meningkatkan
penjualan dan loyalitas konsumen Anda. Hal ini dikarenakan, mereka
merasa mendapatkan semuanya dari layanan yang Anda berikan. Dan
tentunya, Anda dapat melakukan promosi tanpa iklan promosi.
Sumber : http://www.teropongbisnis.com